Flash Wellcome

menu bar

Kamis, 03 April 2014

Silabus Psikologi Pendidikan



NOMOR                               :  5
NAMA MATA KULIAH    : PSIKOLOGI PENDIDIKAN
KODE                                     : KK06
BOBOT                                  : 2 SKS
SEMESTER                           : III ( Tiga )
PRASYARAT                        : Psikologi Umum
PERTEMUAN                      : 14 X (2 X 45 MENIT )

STANDAR KOMPETENSI :
Mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadai tentang psikologi pendidikan dan pembelajaran PAK, senang mengidentifikasikan karaktristik peserta didik yang disesuaikan  dengan kemampuan belajarnya, serta menerapkan prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK
KOMPETENSI DASAR
            1.  Mampu menjelaskan hakekat psikologi Pendidikan 
            2.Mampu mengidentifikasikan kemampuan-kemampuan psikologis pendidikan 
   dan pemanfaatannya dalam pendidikan
            3.  Mampu mengidentifikasikan perbedaan individu dan kemampuan berfikir
            4. Mampu menjelaskan hubungan antara factor-faktor psikologis dan prestasi belajar anak
            5. Mampu memperlilhatkan kreatifitasnya dalam pembelajaran PAK
            6. Mampu mencermati karaktristik peserta didik sesuai dengan kemampuan belajarnya
            7. Mampu memperlihatkan kesenanganya mengamati perkembangan belajar peserta didik
            8. Mampu menganilisis kesulitan belajar peserta didik
            9.Mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.         Hakikat dan peranan psikologi dalam pendidikan
2.         Kemampuan-kemampuan psikologis pendidikan dan pemanfaatanya dalam pendidikan
3.          Perbedaan individu dan kemampuan berfikir
            4.         Hubungan antara factor-faktor psikologis dan prestasi belajar anak
5.          Kreatifitas   pembelajaran PAK
6.          Karaktristik peserta didik  dan kemampuan belajarnya
7.          Tinjauan psikologis perkembangan belajar peserta didik
            8.         Kesulitan belajar peserta didik
9.          Prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK
INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.         Menjelaskan hakekat psikologi Pendidikan
2.    Mengidentifikasikan kemampuan-kemampuan psikologis pendidikan dan pemanfaatanya dalam pendidikan
3.         Mengidentifikasikan perbedaan individu dan kemampuan berfikir
4.        Menjealskan hubungan antara factor-faktor psikologis dan prestasi belajar anak
5.         Memperlilhatkan kreatifitasnya dalam pembelajaran PAK
            6.          Mencermati karaktristik peserta didik sesuai dengan kemampuan belajarnya
            7.          Senang mengamati perkembangan peserta didik
            8.         Mampu menganilisis kesulitan belajar peserta didik
            9.          Menerapkan prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK
 

STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
 PENDEKATAN
:

Kolektif  dan partisipatoris

PENGALAMAN  BELAJAR

:



1.       Mahasiswa mendengarkan kuliah yang disampaikan dosen tentang materi psikologi pendidikan dan pembelajaran peserta didik
2.       Mahasiswa mendiskusikan topic yang diberikan.
3.       Mahasiswa mengembangkan strategi yang kontekstual sesuai dengan materi pembelajaran
4.       Mahasiswa mengamati
METODA
 
:

Ceramah,  Tanya jawab , diskusi , pengamatan, unjuk kerja
TUGAS

:

1.       Studi kepustakaan
2.       Pengamatan dan menganalisis pengamatannya
3.       Membuat laporan( portofolio )
4.       Membuat presentasi
STANDAR PENILAIAN




:



1. Partisipasi dan kehadiran                 : 10 %
2. UTS                                                  : 35 %
3. Laporan tugas (portofolio )              : 20 %
4. UAS                                                  : 35 %
TEHNIK

:
TERTULIS  
BENTUK SOAL

:
Essey, Tes sikap, porto folio, proyek, unjuk kerja
MEDIA

:
Laptop, LCD, proyektor
PRASYARAT                               
:

SUMBER BELAJAR :
  1. Whiterington, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Aksara Baru, 1982
  2. W,S.,Psikologi Pengajaran,Jakarta : Grasindo, 1998
  3. Makmun, Abin Syamsudin, Psikologi Kependidikan: perangkat system pengajaran modul, Bandung : Remaja Rosdakarya,2003
  4. Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan : landasan kerja pemimpin pendidikan , Jakarta : Rineka Cipta,2003
  5. Winkel,W,S., Psikologi Pendidikan dan Evaluasi belajar,  Jakarta : Gramedia,1983
  6. Suryabrata, Sumardi,1984, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Rajawali
  7. Syah, Muhibbin, 1995, Psikologi Pendidikan : suatu pendekatan baru, Bandung : Remaja Rosdakarya
  8. Whiterington, ( terj. Oleh M. Buchori )Psikologi Pendidikan, Jakarta : Aksara Baru, 1982
  9. Santrock.John.W.2011.Educational Psychology fifth ed. New York : McGraw Hill.






Tidak ada komentar :

Posting Komentar