Flash Wellcome

menu bar

Kamis, 03 April 2014

Mata Kuliah Keterampilan Berkarya




KELOMPOK         :
MATA KULIAH KETRAMPILAN BERKARYA
 



NOMOR                               :  3
NAMA MATA KULIAH    : PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
KODE                                     : KK05
BOBOT                                  : 2 SKS
SEMESTER                           : III ( Tiga )
PRASYARAT                        :
PERTEMUAN                      : 14 X 2 X 45 MENIT

STANDAR KOMPETENSI :
Mahasiswa menguasai berbagai teoritis tentang psikologi perkembangan, dan menyadari pentingnya menguasai psikologi perkembangan serta menunjukan kebiasaan sebagai calon guru yang dapat memahami keberadaan peserta didik mulai dari jenjang PG/TK/SD/SMP/SMA/PT.
KOMPETENSI DASAR
1.       Mahasiswa menguasai berbagai aspek teoritis tentang psikologi perkembangan.
2.       Mahasiswa menyadari pentingnya menguasai psikologi perkembangan
3.       Mahasiswa menunjukan kebiasaan sebagai calon guru yang dapat memahami keberadaan peserta  didik
4.         Mahasiswa membuat penelitian pada lingkungan tentang kegiatan-kegiatan perkembangan peserta didik sesuai teori perkembangan
5.         Mahasiswa memahami perkembangan psikologis manusia dari kelahiran sampai kematian.
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.         Arti dan hakikat pertumbuhan dan perkembangan secara psikologis
2.         Perkembangan prenatal manusia
3.         Factor-faktor perkembangan psikologis dan periodisasi (Perkembangan Motorik, sensori, dan perceptual)
4.         Hukum-hukum perkembangan dan pertumbuhan (kelekatan dan pembentukan hubungan antar manusia)
5.         Perkembangan moral, mental, jender, identitas, kognitif, bahasa dan pertumbuhan iman manusia.
6.         Berkembang melalui permainan
7.         Tugas-tugas perkembangan masa bayi, kanak-kanak, sekolah, remaja, dewasa, tua
8.         Teori-teori perkembangan dari masa pre natal sampai pada akhir hidup manusia.

INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.         Menjelaskan arti hakikat pertumbuhan dan perkembangan secara psikologis
2.         Menguraikan faktor-faktor psikologis dan periodisasi
3.         Mengidentifikasikan hukum-hukum perkembangan dan pertumbuhan fisik
4.         Mencermati perkembangan mora, mental,dan intelektual
5.         Menguraikan tugas-tugas perkembangan
6.         Menjelaskan teori-teori perkembangan
7.         Mendeskripsikan hasil-hasil penelitian tentang perkembangan peserta didik
8.         Memperlihatkan kesadarannya akan pentingnya menguasai psikologi perkembangan
9.         Memperlihatkan kebiasaan sebagai calon guru memahami keberadaan peserta didik                                          
 

STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
 PENDEKATAN

:
Kelompok  dan partisipatoris
PENGALAMAN  BELAJAR



:



1.       Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen tentang materi psikologi perkembangan peserta didik
2.       Mahasiswa berdiskusi
3.       Mahasiswa mengembangkan strategi yang kontekstual sesuai dengan materi pembelajaran
4.       Mahasiswa membuat suatu ulasan mengenai materi,

METODA
 
:

Ceramah,Tanya jawab,  diskusi, pengamatan
TUGAS

:

1.       Studi kepustakaan
2.       Pengamatan perilaku peserta didik dalam belajar dan menganalisis penyebab kesulitan adaptasi perkembangannya.
3.       Membuat laporan (portofolio)
4.       Membuat presentasi
STANDAR PENILAIAN




:


1. Partisipasi dan kehadiran                    : 10 %
2. UTS                                                           : 35 %
3. Laporan tugas (portofolio)                   : 20 %
4. UAS                                                           : 35 %
TEHNIK
:
TERTULIS  
BENTUK SOAL
:
Esei, Tes sikap, porto folio, proyek, unjuk rasa
MEDIA
:
Laptop, LCD, proyektor, VCD
PRASYARAT                               
:

SUMBER BELAJAR
1.         Keluarga
2.          Media elektronik ( internet )
3.        Narasumber,
4.         Lingkungan alam,
5.         Lingkungan sosial
6.          Teman di kampus
7.          Teman di masyarakat setempat
8.          Komunitas gereja

Referensi :
  1. Hurlock, Elizabeth.1980.Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang rentang Kehidupan. Jakarta : Penerbit Erlangga (edisi terjemahan)
  2. Upton, Penney.2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta Penerbit Erlangga.(edisi terjemahan)







Tidak ada komentar :

Poskan Komentar