NOMOR : 5
NAMA MATA KULIAH : PSIKOLOGI
PENDIDIKAN
KODE :
KK06
BOBOT :
2 SKS
SEMESTER :
III ( Tiga )
PRASYARAT :
Psikologi Umum
PERTEMUAN :
14 X (2 X 45 MENIT )
STANDAR KOMPETENSI :
Mahasiswa memiliki pengetahuan yang memadai
tentang psikologi pendidikan dan pembelajaran PAK, senang mengidentifikasikan
karaktristik peserta didik yang disesuaikan
dengan kemampuan belajarnya, serta menerapkan prinsip-prinsip
psikologi pendidikan dalam pembelajaran PAK
|
||
KOMPETENSI DASAR
1.
Mampu menjelaskan hakekat psikologi Pendidikan
2.Mampu mengidentifikasikan kemampuan-kemampuan psikologis pendidikan
dan pemanfaatannya dalam pendidikan
3.
Mampu mengidentifikasikan perbedaan individu
dan kemampuan berfikir
4.
Mampu menjelaskan hubungan antara
factor-faktor psikologis dan prestasi belajar anak
5.
Mampu memperlilhatkan kreatifitasnya dalam
pembelajaran PAK
6. Mampu mencermati karaktristik peserta didik
sesuai dengan kemampuan belajarnya
7. Mampu memperlihatkan kesenanganya mengamati
perkembangan belajar peserta didik
8.
Mampu menganilisis kesulitan belajar peserta
didik
9.Mampu menerapkan prinsip-prinsip psikologi
pendidikan dalam pembelajaran PAK
|
||
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.
Hakikat dan peranan psikologi dalam pendidikan
2.
Kemampuan-kemampuan psikologis pendidikan dan
pemanfaatanya dalam pendidikan
3.
Perbedaan individu dan kemampuan berfikir
4.
Hubungan antara factor-faktor psikologis dan
prestasi belajar anak
5.
Kreatifitas
pembelajaran PAK
6.
Karaktristik peserta didik dan kemampuan belajarnya
7.
Tinjauan psikologis perkembangan belajar
peserta didik
8.
Kesulitan belajar peserta didik
9.
Prinsip-prinsip psikologi pendidikan dalam
pembelajaran PAK
|
||
INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.
Menjelaskan hakekat psikologi Pendidikan
2. Mengidentifikasikan kemampuan-kemampuan
psikologis pendidikan dan pemanfaatanya dalam pendidikan
3.
Mengidentifikasikan perbedaan individu dan
kemampuan berfikir
4.
Menjealskan hubungan antara factor-faktor
psikologis dan prestasi belajar anak
5.
Memperlilhatkan kreatifitasnya dalam
pembelajaran PAK
6.
Mencermati karaktristik peserta didik sesuai dengan
kemampuan belajarnya
7.
Senang mengamati perkembangan peserta didik
8.
Mampu menganilisis kesulitan belajar peserta
didik
9.
Menerapkan prinsip-prinsip psikologi
pendidikan dalam pembelajaran PAK
STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
|
||
PENDEKATAN
|
:
|
Kolektif dan partisipatoris
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
:
|
1. Mahasiswa
mendengarkan kuliah yang disampaikan dosen tentang materi psikologi
pendidikan dan pembelajaran peserta didik
2. Mahasiswa
mendiskusikan topic yang diberikan.
3. Mahasiswa
mengembangkan strategi yang kontekstual sesuai dengan materi pembelajaran
4. Mahasiswa
mengamati
|
METODA
|
:
|
Ceramah,
Tanya jawab , diskusi , pengamatan, unjuk kerja
|
TUGAS
|
:
|
1. Studi
kepustakaan
2. Pengamatan
dan menganalisis pengamatannya
3. Membuat
laporan( portofolio )
4. Membuat
presentasi
|
STANDAR PENILAIAN
|
:
|
1.
Partisipasi dan kehadiran
: 10 %
2. UTS
: 35 %
3. Laporan tugas (portofolio ) : 20 %
4. UAS : 35 %
|
TEHNIK
|
:
|
TERTULIS
|
BENTUK SOAL
|
:
|
Essey, Tes sikap, porto folio, proyek, unjuk
kerja
|
MEDIA
|
:
|
Laptop, LCD, proyektor
|
PRASYARAT
|
:
|
|
SUMBER BELAJAR :
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar