|
NOMOR : 3
NAMA MATA KULIAH : PSIKOLOGI
PERKEMBANGAN
KODE :
KK05
BOBOT :
2 SKS
SEMESTER :
III ( Tiga )
PRASYARAT :
PERTEMUAN :
14 X 2 X 45 MENIT
STANDAR KOMPETENSI :
Mahasiswa menguasai berbagai teoritis tentang
psikologi perkembangan, dan menyadari pentingnya menguasai psikologi
perkembangan serta menunjukan kebiasaan sebagai calon guru yang dapat
memahami keberadaan peserta didik mulai dari jenjang PG/TK/SD/SMP/SMA/PT.
|
||
KOMPETENSI DASAR
1.
Mahasiswa menguasai berbagai aspek teoritis
tentang psikologi perkembangan.
2.
Mahasiswa menyadari pentingnya menguasai
psikologi perkembangan
3.
Mahasiswa menunjukan kebiasaan sebagai calon
guru yang dapat memahami keberadaan peserta
didik
4.
Mahasiswa membuat penelitian pada lingkungan
tentang kegiatan-kegiatan perkembangan peserta didik sesuai teori
perkembangan
5.
Mahasiswa memahami perkembangan psikologis
manusia dari kelahiran sampai kematian.
|
||
URUTAN DAN RINCIAN MATERI
1.
Arti dan hakikat pertumbuhan dan perkembangan
secara psikologis
2.
Perkembangan prenatal manusia
3.
Factor-faktor perkembangan psikologis dan
periodisasi (Perkembangan Motorik, sensori, dan perceptual)
4.
Hukum-hukum perkembangan dan pertumbuhan
(kelekatan dan pembentukan hubungan antar manusia)
5.
Perkembangan moral, mental, jender, identitas,
kognitif, bahasa dan pertumbuhan iman manusia.
6.
Berkembang melalui permainan
7.
Tugas-tugas perkembangan masa bayi,
kanak-kanak, sekolah, remaja, dewasa, tua
8.
Teori-teori perkembangan dari masa pre natal
sampai pada akhir hidup manusia.
|
||
INDIKATOR HASIL BELAJAR
1.
Menjelaskan arti hakikat pertumbuhan dan
perkembangan secara psikologis
2.
Menguraikan faktor-faktor psikologis dan
periodisasi
3.
Mengidentifikasikan hukum-hukum perkembangan
dan pertumbuhan fisik
4.
Mencermati perkembangan mora, mental,dan
intelektual
5.
Menguraikan tugas-tugas perkembangan
6.
Menjelaskan teori-teori perkembangan
7.
Mendeskripsikan hasil-hasil penelitian tentang
perkembangan peserta didik
8.
Memperlihatkan kesadarannya akan pentingnya
menguasai psikologi perkembangan
9.
Memperlihatkan kebiasaan sebagai calon guru
memahami keberadaan peserta didik
STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
|
||
PENDEKATAN
|
:
|
Kelompok dan partisipatoris
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
:
|
1. Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen tentang materi psikologi perkembangan peserta
didik
2. Mahasiswa
berdiskusi
3. Mahasiswa
mengembangkan strategi yang kontekstual sesuai dengan materi pembelajaran
4. Mahasiswa
membuat suatu ulasan mengenai materi,
|
METODA
|
:
|
Ceramah,Tanya jawab, diskusi, pengamatan
|
TUGAS
|
:
|
1. Studi
kepustakaan
2. Pengamatan
perilaku peserta didik dalam belajar dan menganalisis penyebab kesulitan
adaptasi perkembangannya.
3. Membuat
laporan (portofolio)
4. Membuat
presentasi
|
STANDAR PENILAIAN
|
:
|
1.
Partisipasi dan kehadiran
: 10 %
2. UTS : 35 %
3. Laporan tugas (portofolio) : 20 %
4. UAS : 35 %
|
TEHNIK
|
:
|
TERTULIS
|
BENTUK SOAL
|
:
|
Esei, Tes sikap, porto folio, proyek, unjuk rasa
|
MEDIA
|
:
|
Laptop, LCD, proyektor, VCD
|
PRASYARAT
|
:
|
|
SUMBER BELAJAR
1. Keluarga
2.
Media elektronik ( internet )
3. Narasumber,
4. Lingkungan alam,
5. Lingkungan sosial
6.
Teman di kampus
7.
Teman di masyarakat setempat
8.
Komunitas gereja
Referensi :
|
Tidak ada komentar :
Posting Komentar