Flash Wellcome

menu bar

Rabu, 18 Juni 2014

JAGA OTAK KITA


Otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali sistem syaraf pusat. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Sungguh suatu tugas yang sangat rumit dan banyak. Inilah 10 kegiatan yang bisa merusak kerja otak kita :
1.  Tidak mau sarapan. Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal tidak mengkonsumsi makanan di pagi hari menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak yang akhirnya berakhir pada kemunduran otak.
2.    Kebanyakan makan. Terlalu banyak makan mengeraskan pembuluh otak yang biasanya menuntun kita pada menurunnya kekuatan mental. Cobalah menambah asupan makanan yang bagus untuk otak, seperti asam lemak omega-3. Komponen ini banyak terkandung dalam makanan seperti ikan, biji rami, dan kacang-kacangan. Selain itu, cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti vitamin E dan C. Di samping itu, folat juga bisa membantu mengurangi risiko beberapa penyakit penurunan fungsi saraf dan gangguan perkembangan.
3.    Merokok. Merokok ternyata berakibat sangat mengerikan pada otak kita. Bayangkan, otak kita bisa menyusut dan akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya. Tak heran di waktu tua kita rawan Alzheimer. Substansi pengubah mood, seperti obat-obatan dan rokok, bisa mengurangi fungsi tubuh, menurunkan motivasi dan mengganggu proses kognitif. Komponen tersebut mengubah emosi, yang selanjutnya akan mengganggu cara berpikir dengan mengurangi fokus, perhatian, ingatan, serta kemampuan membuat perencanaan.
4.  Terlalu banyak mengkonsumsi gula. Terlalu banyak asupan gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi sehingga tubuh kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.
5.   Polusi udara. Otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.
6.   Kurang tidur. Tidur memberikan kesempatan otak untuk beristirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak justru mati kelelahan.
7.  Menutup kepala ketika sedang tidur. Tidur dengan kepala yang ditutupi merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya karena karbondioksida yang diproduksi selama tidur terkonsentrasi sehingga otak tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak.
8.   Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit. Bekerja keras atau belajar ketika kondisi tubuh sedang tidak fit juga memperparah ketidakefektifan otak.
9.  Kurangnya stimulasi otak. Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir justru membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.
10.  Jarang bicara. Percakapan intelektual biasanya membawa efek bagus pada kerja otak. Kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain sangat penting untuk mempertahankan hubungan yang kuat. Isolasi terbukti mengurangi kesehatan secara umum. Penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa jaringan sosial bisa mengurangi risiko kepikunan. Kemampuan mengembangkan hubungan secara berkelanjutan berfungsi memperbaiki kesehatan, mengurangi stres, serta membantu proses pembelajaran baru.
11. Olahraga yang tidak teratur. Olahraga yang teratur tidak hanya mengurangi risiko penyakit penurunan fungsi saraf tetapi juga membantu memperlambat perkembangan penyakit yang sudah ada, seperti kepikunan. Selain itu, olahraga bisa memperbaiki tingkat energi, kesehatan secara umum, tidur, serta kesehatan otak. Di samping itu, olahraga tartur juga mengurangi risiko depresi dan kecemasan .

PERINGATAN :
Beberapa aktivitas yang kita lakukan ternyata dapat merusak organ tubuh kita yang sangat vital seperti otak kita ini. Otak manusia terdiri lebih dari 100 miliar syaraf yang masing-masing terkait dengan 10 ribu syaraf lain. Bayangkan, dengan kerumitan otak seperti itu, maka Anda wajib menyayangi otak Anda cukup dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering disepelekan. Tuhan memberikan kepada kita otak yang luar biasa karena itu jangan sia-siakan apa yang sudah Tuhan percayakan kepada kita. Jaga dan pergunakan itu dengan sebaik-baiknya. Kita memiliki kemampuan untuk menjaga agar otak kita sehat dan bekerja dengan baik. Membaca dan menghafal Firman Tuhan merupakan latihan otak yang dapat kita lakukan.
salah satu termasuk ‘menyehatkan’ otak kita ,
Bahkan yang paling manjur dari segala obat manapun .
karena Firman dapat memberi ketenangan otak kita dari berbagai-bagai hal yang pelik .

Tidak ada komentar :

Posting Komentar